Selasa, 26 Desember 2017

6 Tips menentukan nama domain yang bagus

Sebuah nama domain itu ibarat sebuah tanah strategis,ya semakin unik dan populer tentu saja semakin mudah orang mengenalnya,karena itu dalam pemilihan nama domain tidak sembarangan apalagi jika untuk mengenalkan bisnis anda,berikut ini saya akan mencoba berbagi 6 tip menentukan sebuah nama domain yang bagus.

1. Nama domain Singkat
Saat ini domain dengan nama singkat sudah banyak dimiliki terutama yang mempunyai arti,seperti domain 3L yang sudah habis di miliki serta domain 4L,namun jangan berkecil hati,masih banyak domain singkat yang bisa anda ciptakan yang minimal dibawah 10 huruf,ini penting agar domain nantinya mudah untuk dikenal orang.

Selain itu domain satu kata memiliki nillai jual yang cukup tinggi,dua kata juga mudah untuk dijual kembali namun saat domain memiliki lebih dari 2 kata tentu ini akan sulit.

Contoh: domain CINTA.com atau JATUHCINTA.com atau AKUJATUHCINTA.com, mana yang anda pilih?? tentu saja domain yang pendek dengan makna yang lebih beragam bukan??begitupun domain anda harus singkat dan mudah diingat meskipun dari contoh ke tiga domain diatas bagus namun yang lebih superior adalah domain yang pertama.

2.Domain mudah diingat
Saat mengunjungi sebuah situ web banyak pengguna yang menemukan sebuah blog dengan isi yang sangat inspirstif dan berbobot,saat membacanya mereka betah untuk berlama-lama dalam blog tersebut,namun saat itu pula pembaca blog menutup tab close tanpa sempat melakukan bookmark,padahal blog anda memiliki nama domain sedikit rumit misal (nngger.com)nak karena sedikit rumit inilah beberapa orang sulit untuk mengingatnya,sehingga lambat laun blog anda akan kekurangan pengunjung.

Lain halnya jika nama blog mudah diingat semisal Angger.id,sesorang akan dengan mudah langsung mengetikkan di kolom url untuk membaca artikel di blog kita karena nama yang mudah diingat nanti,lambat lain pengunjung naik dengan sendirinya sesuai dengan isi blog kita apakah menarik ataupun tidak.

3.Mudah dalam pengejaan
Hal penting saat memikirkan sebuah domain adalah pengunjung mampu mengeja nama domain anda dan jangan sampai berakhir di domain milik orang lain,karena itu sebuah kata-kata sangat,jika kamu ingin membangun blog lokal mohon dihindari menggunakan kata-kata asing,penggunaan kombinasi kata yang unik kadang membuat seseorang salah dalam mengeja tak terkecuali pengunjung setia blogmu.

Contoh:kamu memiliki nama domain BOXLAGU.com nama ini memang sangat keren,namun memiliki kata asing yaitu BOX yang tak semua orang mengerti,tapi coba kalau kata BOX kita ganti ke bahasa indonesia mennjadi KOTAK,dan domain menjadi KOTAKLAGU.com woowww namanya menjadi mantab dan bagi orang awam ini sudah menunjukkan apa makna didalam domain tersebut

4.Berextensi DOT COM

Sebenarnya pada poin ini saya sudah menjelaskannya dalam artikel sebelumnya anda bisa membacanya pada link berikut ini

    Baca juga:kenapa harus Extensi COM??bukan yang lain.

tapi secara garis besar COM adalah extensi domain paling populer di dunia,gampir 60% situs di ranah internet memakai extensi DOT COM,karena itu memilih domain COM untuk blog dan bisnis anda itu harga mati.

Sebagai contoh: Ada bule bernama Darren Rowse yang memiliki nama domain ProBlogger.net,namun meskipun blog ini sangat populer di internet dan memiliki brand yang sangat kuat,masih banyak pengunjung blog yang salah mengetikkan extensi dalam menubarnya,banyak pengunjung blognya yang lari ke Problogger.com.Kenapa??karena bagi orang awam COM adalah extensi paling mereka kenal.

Karena itu demi menjaring pengunjung yang nyasar tadi Darren Rowse rela merogoh dompet senilai $5000 hanya untuk membeli yang extensi COM.Bayangkan betapa riskannya sebuah nama domain,karena itu pilihlah COM sebagai pilihan pertama kamu,jika memang sudah tidak ada,baru extensi lain seperti Net/Info.

5.Domain Deskriptif

Saat domain kamu berkibar di rancah dunia online akan banyak pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti Google dan BING.mereka ada yang tertarik dengan judul artikel kamu,adapula yang tertarik dengan nama domain kamu,Nah disini nama domain kamu diuji.
Contoh :Nama domain Angger.id simple dan mudah diingat (mungkin :) )dan PAnduanBlog.com,saat kita membuka mesin pencari google dan mengetikkan panduan ngeblog secara baik dan benar,Jujur saja mana yang anda pilih untuk kunjungi dari situs nama domain tersebut??meski keduanya memiliki judul yang sama.

Tentu Domain Panduanblog.com menjadi pilihan banyak orang,karena menunjukkan pengertian awal tentang isi dalam blog tersebut. dan ini sangat penting karena itu Banyak domain KOD yang diincar beberapa penjual domain dijual dengan harga sangat mahal.

6. Domain tidak mengandung penghubung atau angka
nama domain yang tak memiliki kata penghubung memang menarik namun banyak juga domain yang sudah memiliki banyak pengunjung masih menggunakan domain semisal kota-tua.com jika memang domain ini sangat dikenal tentu saja hanya kata KOTA dan TUA saja,sedangkan kata penghubung (-) dilupakan,namun jangan salah saat domain ini dikenal maka tak sedikit orang yang langsung mengetikkan nama domain tersebut di address bar dengan alamat KOTATUA.com yups disinilah kerugian yang dimiliki pemilik domain tersebut,mereka berharap pengunjung mudah mengingat malah menjadi blunder tersediri.

Nah bisa kamu bayangkan jika domain tanpa penghubung tadi sudah dimiliki orang???yups tentu mereka akan mempertahankannya ataupun dijual tentu dengan harga yang sangat mahal.karena itu saran dari saya selalu gunakan domain tanpa kata penghubung untuk kemajuan bisnis anda.


Kesimpulan yang didapat

Dalam pemilihan nama domain memang gampang susah,karena banyaknya extensi COM yang sudah diambil orang lain,karena itu jika anda ingin mengenalkan kreatifitas anda bisa dengan mengambil alternatif lain,merubah sedikit nama domain anda dengan penambahan kata yang mudah dimengerti,populer atau yang sifatnya deskriptif tentu sangat baik,namun jika semua itu sudah tidak tersedia lagi apa boleh buat,anda bisa menggunakan domain dengan extensi regional,seperti.WEB.ID ataupun .ID.

semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda dalam menentukan nama domain idaman kamu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon